Rabu, 26 November 2014

Dibalik Hijab Selebritis

Di balik hijab selebritis ( id.clozette.com | Gaya Hijab Ala Selebritis Indonesia, Tips, Tutorial ) Indonesia ternyata tersimpan begitu banyak kisah bermakna. Sejumlah besar selebritis Indonesia kerap kali menjadi sensasi demi mencari popularitas semata. Namun berbeda dengan 8 selebritis berikut yang merubah penampilannya dengan berhijab.

1.Dewi Sandra

Sekian lama berkiprah di dunia hiburan, pada akhir tahun 2012 Dewi Sandra mengalami perubahan yang luar biasa. Wanita cantik kelahiran Brasil 3 April 1980 ini akhirnya memutuskan untuk berhijab.

Wanita yang sempat dinobatkan sebagai artis terseksi ini mengaku merasa sudah saatnya dirinya mengenakan jilbab dan meninggalkan busana-busana seksinya. Kisah di balik keputusan berhijabnya dimulai setelah salat tahajud, esoknya ia mulai menggunakan jilbab.

"No turning back, niatnya lillahitaala karena ingin memperbaiki diri, karena terlalu banyak hal yang harus saya perbaiki secara pribadi, baik spritual dan batin," ujar Dewi.

Kini Dewi bersama dengan Dian Pelangi didaulat menjadi brand ambassador salah satu produk kosmetik muslimah.

2. Marshanda

Marshanda berani memutuskan berhijab di usia muda, padahal saat itu dia sedang naik daun. Dia pun mengungkapkan kisah di balik keputusannya berhijab adalah perceraian orangtuanya yang membuat trauma mendalam baginya. Akhirnya, Marshanda melakukan konseling dan menemukan banyak perubahan dalam dirinya.

Saat itu, istri Ben Kasyafani tersebut merasa mempunyai kesempatan kedua untuk bahagia. Akhirnya, dia memutuskan memakai hijab, untuk membalas rasa cintanya pada Tuhan.

"Agar taat pada perintah Allah, lalu saya berhijab," papar dia.

Marshanda merasa pengalaman masa lalunya bukanlah yang terhebat. Dia juga seperti mendapat beban baru setelah berhijab.

3. Risty Tagor

Wanita bernama lengkap Ariestia Ramadhany ini mengaku menggunakan hijab karena mendapat hidayah setelah bermain dalam beberapa film dan sinetron religi, seperti Perempuan Berkalung Sorban, Safa dan Marwah, dan lainnya.

Istri dari Rifky Balweel itu merasa tersentuh dengan adegan-adegan serta dialog dalam film tersebut. Kemudian ia memutuskan mengenakan jilbab secara konsisten sejak 2012 lalu. Awal mengenakan hijab, pesinetron 'Yasmin' itu menolak banyak tawaran pekerjaan yang mengharuskannya melepas jilbab. Ia juga harus membuang kesempatannya bermain di film luar negeri.

Risty mengaku sempat bingung tapi dengan keyakinan yang kuat ia melepaskan semua pekerjaan tersebut. Namun setelah itu rezeki yang lebih besar datang untuknya. Ia mendapat tawaran merilis album religi. Kemudian ia juga membuka bisnis busana muslim di Bali dan Jakarta. Butik Trisny, Risty Tagor dan Malika (RTM), serta event organizer SuperCute. Semuanya dalam kurung waktu kurang dari satu tahun.

Ia mengaku kerap diundang ke acara-acara seminar serta tutorial hijab sebagai pembicara. Bahkan Risty kini dapat merasakan berjalan di atas catwalk sebagai model yang membawakan rancangan desainer.

"Takdir Allah pasti baik, nggak usah khawatir," tuturnya sambil tersenyum.


4. Rachel Maryam

Rachel Maryam mengaku mantap menutup auratnya karena terinspirasi dari tutorial hijab. Nyaris tiga tahun wanita ini berhijab. Ia merasa hijabnya seperti pagar dari dalam keluar maupun dari luar ke dalam.

"Ketika aku mau berbuat yang aneh-aneh, ini (hijab) kayak alarm aku. Mungkin ada orang yang bisa tanpa hijab. Tapi aku membutuhkannya," ungkap wanita kelahiran 20 April 1980 ini.

Rachel juga mengakui bahwa ada banyak godaan yang ia alami selama hidupnya. Berkat hijab, wanita bertubuh mungil itu jadi merasa lebih aman dan jauh dari godaan tersebut.

5. Inneke Koesherawati

Pada tahun 2001 Inneke Koesherawati mulai berjilbab. Tidak sedikit yang terkejut, adapula yang mencibir, tapi ada pula yang kagum." Mama yang membuat saya memutuskan untuk memakai jilbab. Dia tidak meminta saya untuk begini tapi saya yang memutuskan. saya ingin berubah." papar Inne.

Inneke merasa hidupnya semakin tenang sejak memakai jilbab. "Setelah berhijab saya temukan ketenangan yang luar biasa," kata Inneke.

Setelah memutuskan berjilbab pada tahun 2001, aktingnya pun berganti di area religius. Inne tetap laris, bahkan dirinya menyabet penghargaan sebagai Pembawa Acara Terpuji versi Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2005.

Inne juga merambah dunia musik tanah air dengan menjadi produser grup band dan menjadi ikon saluran televisi berlangganan dengan nuansa Islami, Astro Oasis.

Tidak semua orang mau dan berani untuk berubah, demi kebaikan sekalipun. Sebab dengan berubah banyak harus kita hadapi termasuk hal yang tidak menyenangkan, kehilangan karier, populartas dan sebagainya. Inneke tahu resko itu, namun ia tetap menjalani perubahan itu.

6. Meyda Sefira

Sebenarnya keinginannya mengenakan jilbab sudah dari SMA, namun terkendala pergaulan sehingga masih setengah hati. Hingga akhirnya keinginannya behijab terlaksana pada tahun 2008.

Jilbab memang membawa berkah. Sejak saat itu ia banyak mendapat limpahan rezeki. Ia merasa lebih banyak penghargaan dan penghormatan dari masyarakat ketimbang ketika masih belum berkerudung. Penampilannya yang santun dengan busana muslim dan hijab, membuat Meyda selalu tampak anggun. Gara-gara penampilan itu pula, Meyda kini menjadi ikon bahkan idola perempuan muslim. Meyda juga dianggap sebagai trendsetter muslimah di Indonesia.

7. Okky Setiana Dewi

Sebelumnya, Okky bukanlah wanita berjilbab seperti yang dikenal saat ini. Saat remaja, dirinya pun suka berpakaian mini dan seksi. Kisah di balik keputusannya berhijab berawal ketika sang ibu divonis terkena penyakit Pemphigus Vulgaris, dan dokter angkat tangan untuk menyembuhkannya. Di tengah situasi yang limbung saat itu, ia pun berdoa demi kesembuhan sang ibu sambil memutuskan untuk mengubah perilaku dan penampilannya.

"Saat itu saya nggak ingin apa-apa lagi selain lihat ibu saya sembuh. Saya pun meniatkan diri untuk berjilbab kemudian," tuturnya.

Keputusan untuk memakai jilbab ternyata bukan tanpa tantangan. Sebuah rumah produksi tempat ia pernah mencoba casting menghubungi dan memintanya untuk bermain di sebuah sinetron. Namun, sang produser memintanya untuk membuka jilbabnya. Sempat disebut arogan karena teguh enggan membuka jilbabnya, ia tidak memendam kecewa. Bagi Oki semua telah berbuah manis. Apalagi ketika dirinya kemudian diganjar penghargaan sebagai Pendatang Terbaru Wanita Terbaik dan Terfavorit di ajang Indonesia Movie Awards (IMA) 2010 dari aktingnya dalam film 'Ketika Cinta Bertasbih'.

"Saya tak menaruh dendam pernah disebut seperti itu oleh salah seorang produser. Waktu membuktikan kok, artis berkerudung pun bisa memperoleh penghargaan seperti yang saya raih di IMA beberapa tahun lalu," tandasnya.

8. Nuri Maulida

Tepat 10 Juli 2012 Nuri Maulida memutuskan untuk berhijab. Wanita kelahiran 22 Novembeer ini mengakui keputusannya tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan membaca buku-buku agama. Keputusannya berhijab didukung penuh oleh keluarganya. Apalagi sang ibunda juga memakai jilbab.

Cobaan pun datang menghampirinya. Beberapa orang mulai memakinya dan menganggap Nuri tak serius berjilbab. Caci maki tersebut datang dari followersnya di twitter. Bahkan ia harus merelakan beberapa pekerjaan yang mengharuskan ia melepaskan jilbabnya. Namun karena keputusannya sudah bulat, tawaran itu pun berlalu seperti angin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar