Senin, 06 Oktober 2014

Kejadian Aneh Saat Anda Tidur

Jika kita merasa lelah atau sedang dilanda kegelisahan tidur adalah sebuah kegiatan yang dapat menenangkan diri. Tetapi pada sebagian orang sering terjadi beberapa keanehan pada saat tertidur. Dan kadang itu sangat mengganggu untuk diri sendiri maupun orang lain. Menuruk para peneliti hal tersebut dapat terjadi akibat dari kegiatan yang dilakukan pada waktu siang harinya. Parasomnia adalah sebutan ilmiah untuk gangguan yang terjadi saat tidur. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa gangguan yang mungkin sebetulnya anda sudah mengetahuinya atau bahkan mengalaminya.

1. Berjalan Saat Tidur

Sebutan terkenal dari kegiatan ini adalah sleepwalking yang sangat sering diderita oleh anak usia 4-8 tahun dan kadang kala berlangsung hingga usia mereka remaja. Gannguan ini sebenarnya sangat merepotkan bagi keluarga sang penderita. Karena ketika melakukan sleepwalking ditakutkan melakukan sesuatu perbuatan yang berbahaya tanpa sadar. Ada cara mengatasinya yaitu di taruh kain basah di samping tempat tidur sehingga ketika melakukan sleepwalking orang tersebut akan terbangun akibat kain basah yang ada di samping tempat tidur. Dan terkadang penderita tidak akan menyadari bahwa dia melakukan sleepwalking.

2. Merasa Seperti Jatuh

Perasaaan sensaso seperti jatuh dari ketinggian atau lebih dikenal sebagai Hypnagogic. Hampir 70% orang mengalami gangguan ini saat tidur. Ini diakibatkan oleh halusinasi yang berasal dari otak anda sehingga mengaggetkan anda saat tidur. Anda akan terganggu dan terbangun dari tidurnya akibat gangguan ini. Dan merasakan perasaan kaget padahal seharusnya tidur itu membuat kita merasa tenang.

3. Sleep Paralysis

Untuk gangguan yang satu ini mungkin beberapa dari anda sering merasakannya. Di masyarakat ini dikenal sebagai ketidihan pada saat tidur. Biasanya hal ini disangkut pautkan dengan hal mistis. Sebenarnya penyakit ini secara kedokteran disbut sleep paralysis yaitu perasaaan seperti badan yang sedang ditindih karena mengalami gangguan pernapasan selama beberapa detik saat sedang tertidur hingga terbangun. Anda akan merasakan kesulitan bergerak ataupun berbicara. Tetapi itu bukan karena ditindih mahkluk gaib seperti yang dipercayai oleh banyak orang.

4. Sleep Eating

Ketika makanan di meja makan anda sudah habis padahal tidak ada kucing maupun tikus di rumah anda maka mungkin anda harus mulai mencurigai diri anda sendiri. Bisa saja anda melakukan sleep eating yaitu kegiatan makan saat sedang tidur. Nafsu makan seorang sleep eating sangat besar dan kadang orang tersebut tidak menyadarinya.

5. Night Terror

Gangguan night terror atau bisa disebut juga mimpi buruk. Banyak orang mengalami kejadian ini akibat dari reaksi ketakutan pada waktu siang saat beraktifitas. Biasanya juga dialami oleh orang-orang yang sedang mengalami banyak masalah. Sehingga alam bawah sadar anda memberikan rasa takut pada saat anda sedang tertidur.

6. Sleep Talking

Sleep talking banyakditemukan oleh pasangan biasanya karena tidak mungkin anda dapat mengetahui apakah anda berbicara atau tidak dalam tidur. Hal ini jg biasa disebut sebagai mengigau. Tekadang sesesorang berbicara sendiri mengenai kejadian yang dia alami saat sedang tertidur. Pada pernikahan kadan sleep talking dapat menimbulkan pertengkaran karena pasangannya menyebutkan nama lawan jenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar