Minggu, 12 Oktober 2014

Tips Merawat Jam Tangan

Pada awalnya jam tangan difungsikan hanya sebagai penunjuk waktu aja gan, tapi makin kesini ternyata jam tangan mengalami perkembangan menjadi salah satu produk fashion yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Kalau dilihat dari fungsinya sebagai penunjuk waktu, kita hanya butuh 1 jam tangan saja kan gan? Tapi semenjak menjadi produk fashion maka banyak orang yang memiliki jam tangan lebih dari 1. Buat apa? Ya buat menyesuaikan dengan warna pakaian, menyesuaikan dengan tema acara atau bahkan menyesuaikan dengan mood hari itu. Nahhh karena memiliki jam tangan lebih dari 1 biasanya agan suka lalai merawat jam tangan yang lainnya padahal kan sayang gan apalagi kalau ternyata itu jam adalah jam ori yang harganya lumayan.

Kalau jam ente ori bisa jadi investasi atau kalau orinya yang nanggung kan lumayan bisa dijual pas lagi kere . Disini ane mencoba sharing dengan agan2 sekalian tips merawat jam tangan secara umum berdasarkan pengalaman ane+hasil surfing.

1. Bersihkan kaca jam

Pada kaca jam tangan, bersihkanlah dengan kain yang halus, sehingga tidak menggores kaca jam yang memang sangat sensitif terhadap goresan. Meskipun jam nya tahan goresan, pada beberapa jam memiliki lapisan pelindung kaca yang apabila digores secara terus menerus dengan bahan yang kasar, maka lapisan tersebut akan semakin tipis, mudah rusak, hilang, dan berkurang ketahanannya terhadap goresan.

2. Bersihkan Tali Jam sesuai dengan Jenisnya

Untuk bagian tali jam tangan yang terbuat dari karet, bersihkanlah dengan sabun kemudian sikatlah dengan sikat kecil agar sisa-sia keringat yang menempel pada jam menjadi hilang , bersih, dan tidak menimbulkan bau dan jamur.

Kalau yang terbuat dari stainless steel murni (biasanya pada jam original) yaitu dengan cara mencuci gelang stainless steel murni dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan menghilangkan sisa-sisa keringat pada pergelangan tangan yang menempel pada bagian jam tangan. Untuk Stainless Steel murni, tidak akan meninggalkan karat, tapi pada jam-jam kw, yang merupakan campuran, biasanya catnya akan rusak, dan kadang menimbulkan karat jika terkena air. Kalau agan tidak yakin itu stainlessnya murni, lebih baik agan menggunakan cairan yang dijual di toko2 jam tertentu untuk membersihkannya. Nah kalau udah yakin (dan tau) kalau jam agan itu kw baik kw 1-kw super maka hindari alkohol dan parfum, mereka anti banget sm 2 benda tsb gan. Kalau agan bilang “Parfum ane ori gannn!”, ane bakal jawab “Ga ngaruhh gann ori atau kw parfum ente"

Kalau yang terbuat dari kanvas. Caranya mudah, cuci kanvas, sikat dengan tambahan sabun, dan keringkan dengan menggunakan kertas koran, hal ini akan cepat mengering, karena akan diserap oleh kertas koran dan tidak menimbulkan bau.

3. Jangan Melipat Tali Jam

Jangan terlalu sering melipat atau menbengkokkan tali jam tangan yang terbuat dari kulit atau karet karena itu akan mengakibatkan retak atau belah pada bagian yang sering terlipat.

4. Jauhkan dari Air

Sebisa mungkin jauhkan jam dari air. Water Resist / Water Proof / Tahan Air bukan berarti tidak rusak kalau terkena air. Pada Jam Casio misalnya, ketahanan jam teruji ketika berenang pada kedalaman tertentu, namun, jika saat berenang atau jam tangan itu ditenggelamkan dan tombolnya ditekan saat berada di dalam air, maka kemungkinan besar air akan masuk perlahan (sedikit demi sedikit), hal ini akan menyebabkan rusaknya jam anda, berembun, atau kalau pada jam digital akan mengalami kerusakan.

5. Jauhkan dari Zat Kimia Tertentu

Jauhkan jam dari zat-zat yang bisa menyebabkan korosi pada jam antara lain air, minyak, keringat, air hujan, lumpur, air laut, dan lain-lain. (kecuali pada Jam Tangan Original yang memang teruji ketahanannya terhadap zat-zat yang telah disebut sebelumnya).

6. Perhatikan Baterai Jam Anda

Segera mengganti baterai jika sudah habis. Atau kalau tidak sempat, agan harus langsung membuang batere yang telah mati tersebut. Kenapa? Karena jika baterai sudah expired / kadaluarsa / mati / rusak , biasanya akan menimbulkan minyak yang bersifat korosif dan merusak pada mesin jam tangan.

7. Servis Berkala

Bila memiliki Jam Tangan Otomatis/Automatic, maka servis berkala sangat dianjurkan, kira-kira 1 tahun sekali itu sudah cukup untuk menjaga dan merawat Jam Tangan otomatis agar tahan lama dan awet dipakai.

8. Usahakan Selalu Kering

Usahakan jam tangan anda selalu kering, segera bersihkan jika terkena air, minyak, keringat, atau zat2 yang bisa merusak lainnya.

9. Bersihkan setelah dipakai

Setelah dipakai seharian, lepaskan dan bersihkan bagian belakang kepala jam dan talinya dengan cara mengusap menggunakan kain halus atau tisu yang lembut. Untuk bagian kaca jam, usahakan untuk tidak menggunakan tisu.

10. Jangan bawa tidur

Sebisa mungkin jangan membawa jam tangan agan tidur, karena itu bisa menyebabkan bau kurang sedap yang berasal dari tali jam tangan. Selain itu juga dapat menyebabkan tali jam berjamur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar